SMART LOCK DOOR MENGGUNAKAN AKSES E-KTP BERBASIS INTERNET OF THINGS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Moch Iqbal Tawakal
Yudi Ramdhani

Abstract

Tingkat kriminalitas dan keahlian para pencuri khususnya pencurian sebuah rumah elite yang semakin tinggi, membuat penulis memperoleh ide atau gagasan inovasi alat pengaman pintu rumah menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) berbasis Internet of Things dengan menggunakan mikrokontroler NodeMcu Lolin V3 yang tentunya dengan sistem pengamanan yang tinggi dan juga dapat terkoneksi pada internet sehingga bisa juga di akses melalui smartphone android. Rancangan keamanan ini tidak mengandalkan mekanik sebagai interfacenya melainkan menggunakan perangkat elektronik yang cukup sulit untuk dibobol karena selain diperlukan pengetahuan mengenai elektronik, para pelaku kriminalitas juga harus memilki pengetahuan dibidang pemrograman dan teknologi informasi. Berbeda dengan kunci mekanik, kunci elektronik pada rancangan keamanan ini menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) sebagai pembukanya dan juga dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) dengan menggunakan wireless yang terhubung pada aplikasi Smartphone Android. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa simulasi alat pengaman pintu dapat beroperasi dengan baik, sesuai rancangan yang dibuat. RFID reader yang digunakan memiliki keamanan yang lebih terjamin,karena yang mana untuk mendaftarkan e-KTP dengan menggunakan aplikasi Blynk pada Smartphone Android , jadi tidak semua orang bisa mendaftarkan e-KTP, dan juga terdapat buzzer dan lampu LED, buzzer akan mengeluarkan suara dan lampu LED menyala hijau apabila kunci pintu dibuka sesuai dengan frekuensi 13,56MHz yang diletakkan dalam miniatur berbentuk rumah dengan tebal 2mm dapat membaca UID e-KTP dengan jarak maksimal 2.5 cm. Buzzer akan mengeluarkan suara dan lampu LED menyala merah apabila UID e-KTP tidak terdaftar pada alat tersebut. Solenoid Door Lock dapat membuka pengunci pintu apabila UID e-KTP sesuai dengan NodeMcu Lolin V3, solenoid akan mengunci kembali dalam waktu 5 detik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Kumar, D. M., Hanumanthappa, D. M., Kumar, D. T. V. S., & Ojha, M. A. K. (2016). Android Based Smart Door Locking System with Multi User and Multi Level Functionalities. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 5, 115–118.
Kumar, P., & Pati, U. C. (2016). Arduino and Raspberry Pi based Smart Communication and Control of Home Appliance System. International Conference on Green Engineering and Technologies (IC-GET), 1–6.
Kusriyanto, M., & Putra, B. D. (2017). Smart Home Using Local Area Network (Lan) Based Arduino Mega 2560. Proceedings - ICWT 2016: 2nd International Conference on Wireless and Telematics 2016, 127–131. https://doi.org/10.1109/ICWT.2016.7870866
Mahesa, A. T., Rahmawan, H., Rinharsah, A., & Ariffin, S. (2019). Sistem Keamanan Brankas Berbasis Kartu E-ktp. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 5, 1–9.
Mubarok, A., Sofyan, I., Rismayadi, A. A., & Najiyah, I. (2018). Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID, Sensor PIR dan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler. JURNAL INFORMATIKA, 5, 137–144.
Padeli, Febriyanto, E., & Suprayogi, D. (2019). PROTOTYPE SISTEM SMART LOCK DOOR DENGAN TIMER DAN FINGERPRINT SEBAGAI ALAT AUTENTIKASI BERBASIS ARDUINO UNO. Jurnal Informatika Vol.19, No.1, 1, 10–19.
Patil, V. A., Khilari, D. S., & Sheelavant, A. S. (2016). SMART LOCK. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 2016 Vol. 1, 1, 120–129.
166–176.
Ratih, N. D., Setiawan, B. A., & Triono, J. (2019). PEMANFAATAN E–KTP UNTUK KEAMANAN RUMAH DAN LINGKUNGAN RUKUN TETANGGA (RT). Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, 1932–1939.
Wendanto, W., Salim, D. J. N., & Putra, D. W. T. (2019). Rancang Bangun Sistem Keamanan Smart Door Lock Menggunakan E-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk) Dan Personal Identification Number Berbasis Arduino Mega R3. GO INFOTECH: JURNAL ILMIAH STMIK AUB, 25, 133–142.
Ye, M., Jiang, N., Yang, H., & Yan, Q. (2017). Security Analysis of Internet-of-Things: A Case Study of August Smart Lock. 2017 IEEE Conference on Computer Communications Workshops (INFOCOM WKSHPS): MobiSec 2017: Security, Privacy, and Digital Forensics of Mobile, 499–504