PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK ANALISIS DATA ULASAN DI SITUS TRIPADVISOR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maya Nurjanah
Toni Arifin

Abstract

Ulasan atau review merupakan suatu pendapat langsung dari seseorang. Review yaitu beberapa dari salah satu faktor yang menentukan keputusan seseorang, dengan menunjukkan bahwa orang dapat mengambil jumlah review sebagai indikator popularitas tempat atau nilai dari suatu tempat dengan mempengaruhi kemauan untuk mendatangi suatu tempat pariwisata. Penelitian ini membahas tentang  Penerapan metode K-Means untuk review data travel . Dataset  ini diambil langsung melalui halaman situs web UCI Machine Learning Repository dengan nama Review Travel dengan jumlah data sebanyak 980 record, terdri dari 10 variabel atau atribut yaitu galeri seni, klub dansa, bilah jus, restoran, museum, resort, taman atau tempat piknik, pantai, bioskop dan lembaga keagamaan. Proses cluster  dibagi kedalam 2 (dua)  cluster yaitu cluster rating tertinggi (C0) dan cluster rating terendah (C1).  Sehingga diperoleh  hasil pengelompokkan data ulasan atau review rating wisatawan cluster tertinggi berada pada C0 terdiri dari 3 objek wisata unggulan dengan rating tertinggi pada C0 yaitu Galeri seni dengan rating = 7,118, Museum = 5,396 dan Klub dansa = 4,783. Sedangkan cluster terendah berada pada C1 terdiri dari 3 objek wisata unggulan dengan rating tertinggi yaitu Restoran dengan rating = 10,394, Klub dansa = 3,361, Galeri seni = 3,233.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anshori, I. F., & Nuraini, Y. (2020). Pengelompokan Data Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Tasikmalaya Menggunakan Algoritma K-Means. 2(1), 118–127.
Ary, M. (2015). Pengklasifikasian Karakteristik Mahasiswa Baru Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Analisis Cluster. II(1), 181–188.
Dewi, Herdiani, & Kusumo, D. S. (2018). Multi-Aspect Sentiment Analysis Komentar Wisata TripAdvisor dengan Rule-Based Classifier ( Studi Kasus : Bandung Raya ). E-Proceeding of Engineering, 5(1), 1589–1596.
Maulana, A., & Sibaroni, Y. (2019). Klasifikasi Sentimen Ulasan Tempat Makan Berbahasa Indonesia Menggunakan Lexicon dan Improved Naive Bayes. Ind. Journal on Computing, 4(3), 107–116. https://doi.org/10.21108/indojc.2019.4.3.369
Maulida, L. (2018). Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Unggulan Di Prop . DKI Jakarta Dengan K-Means. JISKa (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 2(3), 167–174.
Pratama, N. D., Sari, Y. A., & Adikara, P. P. (2018). Analisis Sentimen Pada Review Konsumen Menggunakan Metode Naive Bayes Dengan Seleksi Fitur Chi Square Untuk Rekomendasi Lokasi Makanan Tradisional. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2982–2988.
Paramitha, D. T. A., & Dewi, I. C. & C. (2019). Prediksi Rating Otomatis Berdasarkan Review Restoran pada Aplikasi Zomato dengan menggunakan Extreme Learning Machine ( ELM ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4687–4693.
Sari, R., & Hayuningtyas, R. Y. (2019). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Pada Wisata TMII Berbasis Website. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 5(2), 51–60.
Sari, R. W., & Hartama, D. (2018). Data Mining : Algoritma K-Means Pada Pengelompokkan Wisata Asing ke Indonesia Menurut Provinsi. 322–326.
Silalahi, M. (2018). Analisis Clustering Menggunakan Algoritma K-Means Terhadap Penjualan Produk Pada PT. Batamas Niaga Jaya. Computer Based Information System Journal, 06(2), 20–35.