APLIKASI PELAPORAN TINDAKAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DI DP3APMP2KB MEDAN BERBASIS ANDROID

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Naryama Harahap
Heri Santoso
Muhamad Alda

Abstract

Tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak seringkali terjadi di kota metropolitan, termasuk Kota Medan. Fenomena ini merupakan suatu bentuk pelanggaran hak asasi manusia yang bisa menimpa siapa pun, tanpa memandang status sosial, ekonomi, atau tingkat pendidikan. DP3APMP2KB memiliki kewenangan untuk memberdayakan perempuan, melindungi anak-anak, serta melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dan pengendalian penduduk melalui keluarga berencana. Namun, pelaporan insiden kekerasan terhadap perempuan dan anak masih dilakukan secara manual, menyebabkan kesulitan bagi korban yang harus datang langsung ke kantor, terutama jika mereka berada jauh dari lokasi kejadian. Guna menanggulangi persoalan tersebut, dibuat suatu sistem pelaporan berbasis Android. Tujuan dari sistem ini adalah untuk memudahkan penduduk Kota Medan dalam melaporkan insiden kekerasan melalui layanan pengaduan online. Disamping itu, sistem ini dilengkapi dengan kemampuan deteksi lokasi otomatis guna menjamin ketepatan informasi terkait lokasi pengaduan. Penyusunan sistem ini melibatkan pendekatan Research and Development (R&D) serta pendekatan waterfall sebagai metode pengembangan sistem, dengan mengumpulkan informasi melalui proses wawancara dan menguji coba sistem yang telah dikembangkan. Dari hasil uji coba sistem menggunakan metode blackbox testing, sistem beroperasi sesuai dengan desain yang telah ditetapkan dan dapat digunakan oleh masyarakat secara luas untuk menyederhanakan proses pelaporan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah Kota Medan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Alkadri, S. P. A., & Insani, R. W. S. (2019a). PERANCANGAN APLIKASI PELAPORAN KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK PADA DPPA PROV KALBAR BERBASIS ANDROID. Seminar Nasional Pendidikan MIPA Dan Teknologi (SNPMT II), 277–291.
Alkadri, S. P. A., & Insani, R. W. S. (2019b). Rancang Bangun Aplikasi Pelaporan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak pada DPPPA Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika, 5(3), 329–337.
Batubara, M. Z., & Nasution, M. I. P. (2023). Sistem Informasi Online Pengelolaan Dana Sosial Pada Rumah Yatim Sumatera Utara. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(3), 164–171.
DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, P. A. D. P. M. K. M. (2021). RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOTA MEDAN TAHUN 2021 - 2026.
Emster, M. Von … Sabtu, J. (2021). Sistem Informasi Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak pada DP3A Kota Ternate Berbasis Website dengan Menggunakan PHP dan Mysql. Jaminfokom, 1(1), 46–54.
Irawan, M. D., & Simargolang, S. A. (2018). Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika. Jurnal Teknologi Informasi, 2(1), 67–84.
Melani, Y. I. (2019). Sistem Pengaduan Layanan Akademik Menggunakan Responsive Web Design. Jurnal SISFOKOM, 8(1), 39–45.
Miksilmina, Y. … Handayani, H. (2020). SISTEM INFORMASI PELAPORAN KEKERASAN PADA PEREMPUAN DAN ANAK BERBASIS ANDROID (STUDIKASUS DINAS PMD P3A DAN PPKB KABUPATEN PEKALONGAN). SURYA INFORMATIKA, 9(1), 55–63.
Saifudin, & Setiaji, A. Y. (2019). SISTEM INFORMASI ARSIP SURAT (SINAU) BERBASIS WEB PADA KANTOR DESA KARANGSALAM KECAMATAN BATURRADEN. Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(2), 15–21.
Samosir, R. S., & Purwandri, N. (2020). Aplikasi Literasi Digital Berbasis Web Dengan Metode R&D dan MDLC. Techno.COM, 19(2), 157–167.
Saputra, W., & Paembonan, S. (2022). Sistem Informasi SMP Negeri 5 Walenrang Berbasis Web. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK), 7(1), 1–7.
Syahranitazli, & Samsudin. (2023). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERSEBARAN PONDOK PESANTREN KABUPATEN LANGKAT DAN BINJAI MENGGUNAKAN LEAFLET. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(1), 2621–1467.