ANALISA WHATSAPP BUSINESS SEBAGAI MEDIA PENGENALAN EKSTRAKURIKULER DI MASA POST-PANDEMIC MENGGUNAKAN METODE DELONE & MCLEAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dalam menghadapi tantangan kegiatan ekstrakurikuler yang terbatas selama pandemi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana WhatsApp Business dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan visibilitas dan partisipasi dalam 13 jenis ekstrakurikuler yang ada di SMK AL-Falah Tanjungjaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode DeLone & McLean, yang melibatkan pengumpulan data dari 260 responden melalui kuesioner dan wawancara. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan informasi kuantitatif mengenai pengalaman pengguna, kepuasan, dan persepsi terhadap WhatsApp Business sebagai alat promosi. Wawancara mendalam dilakukan untuk memahami konteks dan tantangan yang dihadapi oleh pengguna WhatsApp Business dalam konteks promosi ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp Business memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi ekstrakurikuler di sekolah. Pengguna mengungkapkan kepuasan terhadap platform ini sebagai sarana promosi yang efektif, namun juga mengidentifikasi beberapa kendala yang perlu diatasi. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi dan kendala WhatsApp Business sebagai alat promosi ekstrakurikuler di masa pasca-pandemi, memberikan dasar bagi pengembangan strategi promosi yang lebih efektif di lingkungan pendidikan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Angelina, R. J., Hermawan, A., & Suroso, A. I. (2019). Analyzing E-Commerce Success using DeLone & McLean Model. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(2), 156. https://doi.org/10.20473/jisebi.5.2.156-162
Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.
Azzahra, Z., & Pratomo, D. (2020). Analysis Of The Effect Of System Quality, Information Quality And Service Quality On User Satisfaction Information Payment Accounting Information System Using Delone & Mclean Methods (Case Study of Go-Pay Payment Services in the Go-Jek Application). E-Proceeding of Management, 7(2), 2817–2821.
Delone, W. H., & McLean, E. R. (2016). Information Systems Success Measurement. Information Systems Success Measurement. Now Foundations and Trends. https://doi.org/10.1561/2900000005
Fahirah, Luna Eka Puterri, S., & Dewi Arnesia, P. (2020). Analisis Google Classroom Sebagai Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Saat Pandemi Covid-19 Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi STI&K (SeNTIK), 4(September), 57–64.
Greenhow, C., Galvin, S. M., & Willet, K. B. S. (2019). What Should Be the Role of Social Media in Education? Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 6(2), 178–185. https://doi.org/10.1177/2372732219865290
Karya, D. F., & Saputri, A. N. I. (2020). Pengaruh Model Delone & Mclean Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Pengguna Aplikasi Ovo Di Surabaya. Prosiding National Conference for Ummah (NCU) 2020, 1(1).
Misrawati, & Suryana, D. (2021). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249
Nafisah, D., Setyowati, D. L., Banowati, E., & Priyanto, A. S. (2020). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Pembelajaran IPS Di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 390–397. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/568/487
Ng, K., Cosma, A., Svacina, K., Boniel-Nissim, M., & Badura, P. (2021). Czech adolescents’ remote school and health experiences during the spring 2020 COVID-19 lockdown. Preventive Medicine Reports, 22(April), 101386. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2021.101386
Nugraha, S. N., Pebrianto, R., Utami, D. Y., Narti, N., & Nurfalah, R. (2023). The role of transformational leadership as a mediating variable in DeLone & McLean information system model (Case study: Online learning usage Universities in Indonesia). AIP Conference Proceedings : 2nd International Conference on Advanced Information Scientific Development (ICAISD) 2021, 2714(1), 020013.
Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.117-128
Pondaag, M., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., Lengkong, J. S. ., & Rawung, R. K. S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19 Tantangan Atau Peluang? Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 160–171. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.10130
Priyanto, D. (2022). Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linier Dengan SPSS Dan Analisis Regresi Data Panel Dengan Eviews. (T. A. Prabawati, Ed.). Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
R, A. S., Hadijati, M., & Switrayni, N. W. (2019). Analisis Masalah Heteroskedastisitas Menggunakan Generalized Least Square dalam Analisis Regresi. Eigen Mathematics Journal, 02(02), 61–72. https://doi.org/10.29303/emj.v1i2.43
Rosmiati, M., Fandhilah, & Zain, L. (2022). Analisis Penerimaan Aplikasi Shopee Pada Generasi Milenial Dengan Technology Acceptance Model. SATIN –Sains Dan Teknologi Informasi, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.33372/stn.v8i1.832
Safdar, G., Javed, M. N., & Amin, S. (2020). Use of Internet for Education Learning among Female University Students of Punjab, Pakistan. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3371–3380. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080809
Sari, E. P., Sukardi, Tasrif, E., & Ambiyar. (2020). Optimalisasi Penggunaan E-learning dengan Model Delone dan McClean. Journal of Education Technology, 4(2), 141. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24819
Sparrow, R., Dartanto, T., & Hartwig, R. (2020). Indonesia Under the New Normal: Challenges and the Way Ahead. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(3), 269–299. https://doi.org/10.1080/00074918.2020.1854079
Sungkono, Y. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Parameter, 4(1). https://doi.org/10.37751/parameter.v4i1.31
Utomo, G. S., Titisari, K. H., & Wijayanti, A. (2020). Pengaruh Kualitas E-Government Terhadap Kepuasan Pengguna E-Filing: Studi Kasus Wajib Pajak Di Surakarta. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.31289/jab.v6i1.2752