IMPLEMENTASI HIERRARCHICAL TOKEN BUCKET (HTB) DENGAN METODE DYNAMIC QUEQUE UNTUK EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BANDWITH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ali Akbar Rismayadi

Abstract

Keberadaan internet dalam sebuah organisasi tidak terlepas dari peranan penting adanya infrastruktur yang memadai dan dapat mencukupi kebutuhan internet tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk implementasi Hierrarchical Token Bucket (HTB) dengan metode Dynamic Queque untuk meningkatkan efektifitas penggunaan bandwith internet. Bandwith merupakan bagian penting dalam penggunaan layanan internet, distribusi bandwith yang tidak optimal, dan merata, merupakan masalah yang sering terjadi dan dialami oleh penyedia jaringan internet, khususnya dilingkungan kampus dan kantor, dengan tingkat pemakaian bandwith yang besar, mengakibatkan distribusi bandwith tidak berjalan maksimal sehingga sering mengakibatkan delay pada jaringan, delay ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu Bandwith yang tidak mencukupi, Keterbatasan daya serta dapat disebabkan oleh kurang optimalnya kinerja dari router jaringan. Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk untuk mengatasi delay pada jaringan yang digunakan serta memberikan nilai yang optimal pada pemerataan pendistribusian bandwith . Hierrarchical Token Bucket (HTB) dengan metode Dynamic Queque merupakan metode dalam membatasi serta membagi bandwith secara merata dan memberikan nilai yang optimal pada penggunaan bandwith, pengujian di dasrkan pada 4 parameter Packet Loss, Delay, Jitter dan Throughput, dengan nilai Packet loos < 3%, delay < 150 ms, jitter < 75 ms, dan throughput sebesar 75%, hasil tersebut menunjukan kinerja yang baik dari jaringan setelah proses implementasi dilakukan dan juga berhasil menekan penggunaan bandwith sampe 50%, tanpa mengurangi kinerja yang di hasilkan pada jaringan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Diyantoro, A., & Haekal, N. H. (2018). Penerapan Manajemen Bandwidth Menggunakan Hierarchical Token Bucket Pada Mikrotik Router OS. Jurnal Teknologi Informasi, 1(1).
Hikmaturokhman, A., Fatonah, N., & Cahyadi, E. F. (2015). Analisis Pengaruh Kecepatan Mobilitas User Terhadap Qos Di Wlan Menggunakan Opnet Modeler. Universitas STIKUBANK.
Kurnia, D. (2017). Analisis Qos Pada Pembagian Bandwidth Dengan Metode Layer 7 Protocol, Pcq, Htb Dan Hotspot Di Smk Swasta Al-Washliyah Pasar Senen (Vol. 2, Issue 2).
Nurdiyanto, A. (2020). Studi Komparsi Managemen Bandwidth Antara Metode Hirarchical Token Bucket (HTB) Dan Peer Connection Queue (PCQ). In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 487-497).
Prawira, B., Wisesa, A., Suharsono, A., & Yahya, W. (2018). Analisis Perbandingan Sistem Manajemen Bandwidth Berbasis Class-Based Queue Dan Hierarchical Token Bucket Untuk Jaringan Komputer (Vol. 2, Issue 6). http://j-ptiik.ub.ac.id
Sidqi, T. O., & Nathasia, N. D. (2021). Implementasi Manajemen Bandwith Menggunakan Metode HTB (Hierarchical Token Bucket) Pada Jaringan Mikrotik. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 132-138.
Subhiyanto. (2021). Implementasi Manajemen Bandwidth dengan Metode Hierarchical Token Bucket (HTB) dan Per Connection Queue (PCQ) pada STMIK Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatikastmik Antar Bangsa, VII(2).
Suryadi, A. (2020). Analisis Perbandingan Bandwith Management Menggunakan Metode Cbq Dan Htb Untuk Meningkatkan Layanan Akses Internet. In Jurnal Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 2).
Tarigan, J. P., Yuntafa Putri, G., Zahra, N. A., Hanafi, U. B., Irfan, T., & Megiyanto, G. (2021). Prosiding The 12 th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung.
Wijaya, A. I., & handoko, L. B. (2020). Manajemen Bandwidthdengan Metode Htb (Hierarchical Token Bucket) Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Semarang. Jurnal Teknik Informatika Kudus.
Zuqhra, A. A., & Rosyid, N. R. (2018). Implementasi dan Analisis Metode Hierarchical Token Bucketdan Per Connection Queuepada Jaringan Multi Protocol Label SwitchingTraffic Engineeringuntuk Layanan Voice over Internet Protocol. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 4(3), 465–477.