http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/issue/feed Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa 2024-01-11T08:26:37+00:00 Dr. A. Rohendi, M.M., M.H [email protected] Open Journal Systems <p><span style="background-color: #ffffff;"><strong><em>Service Management Triangle:</em> Jurnal Manajemen Jasa</strong> merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Pemasaran Jasa, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional</span></p> <p><span style="background-color: #ffffff;"> <strong><em>Service Management Triangle:</em> Jurnal Manajemen Jasa</strong> sudah terdaftar di LIPI dengan nomor <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1570698445">E-ISSN : 2714-8866 </a></span></p> <p><span style="background-color: #ffffff;">Terindeks: <strong>Google Scholar, <a href="https://onesearch.id/Repositories/Repository?library_id=3094">Indonesia Onesearch</a></strong></span></p> http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/1399 PENGARUH KOMPENSASI, GAYA KEPEMPIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA 2023-11-27T08:37:44+00:00 Siti Halimah [email protected] Purwadhi Purwadhi [email protected] Rian Andriani [email protected] Willma Fauzzia [email protected] <p>Manajemen harus didukung oleh peran manajer untuk meningkatkan motivasi dan disiplin karyawan dalam mengikuti program dan aturan pengelolaan dan pengembangan SDM perusahaan yang dikenakan sanksi. Karena kompensasi dan motivasi karyawan sangat penting, dengan kompensasi dan motivasi yang tinggi karyawan merasa dan tidak berhenti pada tujuan perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan departemen perusahaan.Gaya kepemimpinan&nbsp; memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dan motivasi karyawan. Pemimpin mempengaruhi komitmen dan kinerja organisasi dengan mampu membimbing karyawannya untuk mencapai tujuan Perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana gambaran, pengaruh dan hubungan antara kompensasi, gaya kepemimpinan, dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada karyawan PT Indomarco Prismatama Cabang Bekasi. Populasi penelitian ini berjumlah 330 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah <em>purposive sampling </em>dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif. Instrumen statistik yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat&nbsp; pengaruh kompensasi, gaya kepemimpinan, dan motivasi terhadap kinerja karyawan sebesar 64,6% (kategori tinggi) karena 35,5% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain seperti halnya <em>personality</em>, profesionalisme dan penilaian kinerja dan lain-lain.</p> 2023-11-27T07:34:22+00:00 Copyright (c) 2023 Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/1400 PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN 2023-11-27T08:37:44+00:00 Tio Hara Sujarwinata [email protected] Erliany Syaodih [email protected] Agus Hadian Rahim [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien melalui kuisioner di RSUD DR Eko Maulana Ali. Populasi penelitian ini meliputi karyawan RSUD DR Eko Maulana Ali sebanyak 129 orang serta pasien yang berobat di poli rawat jalan RSUD DR Eko Maulana Ali pada bulan september – oktober tahun 2022. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 80 orang karyawan dan pasien dengan jumlah yang sama yaitu sebanyak 80 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei bersifat analitik dengan Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur <em>(path analysis). </em>Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap Kualitas pelayanan RSUD DR Eko Maulana Ali , (2) Kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien RSUD DR Eko Maulana Ali, (3) kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien RSUD DR Eko Maulana Ali.</p> 2023-11-27T07:34:54+00:00 Copyright (c) 2023 Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/1394 PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI LOTTE GROSIR SERANG 2023-11-29T08:48:29+00:00 Yulia Nurhayati [email protected] Saeful Fachri [email protected] Heri Sapari Kahpi [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Lotte Grosir Serang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung pada Lotte Grosir Serang yang jumlahnya tidak diketahui dan dapat dikatakan dalam kategori tidak terbatas. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, bila sampel dipandang sudah memenuhi kriteria yang sedang diteliti, adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang menggunakan rumus Lemeshow. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian secara simultan atau secara bersama-sama, variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan didapatkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 18,8% sedangkan sisanya sebesar 81,2% dipengaruhi oleh variabel lain</p> 2023-11-29T08:48:29+00:00 Copyright (c) 2023 Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/1403 PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN PADA SHOPEE FOOD 2023-11-29T08:53:02+00:00 Riris Roisah [email protected] Tiara Millennuari Putri [email protected] <p>Promosi penjualan yaitu kegiatan promosi yang beragam menarik keputusan pembelian terhadap produk atau jasa. Tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi membuat setiap perusahaan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan menguji untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan layanan pesan antar makanan pada Shopee Food. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dan pengambilan sampel menggunakan <em>sampling purposive. </em>Analisis data digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana, determinasi, dan hipotesis menggunakan uji t (parsial). Hasil pengujian pada uji t (parsial) yaitu variabel promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian layanan pesan antar makanan pada Shopee Food di Kota Bandung.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-11-29T08:53:01+00:00 Copyright (c) 2023 Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/1199 PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI, DISIPLIN KERJA PERANGKAT DESA 2023-12-19T03:28:26+00:00 Rully Firzan Kardova [email protected] <p>Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, motivasi, displin kerja terhadap kinerja perangkat desa. Jenis penelitian ini adalah peneltian jelas. Penduduk tinggal di daerah pedesaan sekitar 65 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui uji validasi dan reabilitas, wawancara lanjutan observasi. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana, pengurutan, koefiseien, determinasi, uji signifikan (t dan uji f), dengan bantuan program SPSS. Studi menunjukkan bahwa, tata letak budaya perangkat desa saat ini. Koefisien determinasi (R2) budaya organisasi terhadap kinerja perangkat desa sangat signifikan. Motvasi kumulatif untuk kinerja perangkat desa yang lebih rendah. Koefisien determinasi (R2) motivasi terhadap kinerja perangkat adalah signifikan. Produksi disiplin bertentangan dengan kinerja perangkat desa yang rendah. Koefisien determinasi (R2) disiplin kerja alat desa yang sangat kuat. Stimulan organisasi, budaya, motivasi, dan displin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja perangkat desa. Kesimpulan penelitian adalah, budaya, motivasi, dan displin kerja organisasi tidak berpengaruh positif terhadap perangkat desa. Saran untuk meningkatkan kinerja perangkat desa adalah terus melayani masyarakat dengan ikhlas, dan harus adanya pembinaan dari Dinas terkait dalam meningkatkan kinerja perangkat desa, serta harus adanya bimbingan teknis secara berkala dalam rangka peningkatan kapasitas kinerja perangkat desa dalam mencapai tujuan organsisasi.</p> 2023-12-19T03:27:11+00:00 Copyright (c) 2023 Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/1434 PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN APLIKASI KREDIVO 2024-01-11T08:26:37+00:00 Lala Yulita [email protected] Ani Solihat [email protected] Riris Roisah [email protected] Djunarto Djunarto [email protected] Andry Trijumansyah [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh kemudahan penggunaan dan keamanan transaksi dalam memprediksi kepuasan konsumen pada aplikasi Kredivo. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini dilakukan pada konsumen aplikasi Kredivo dengan jumlah sampel 96 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa setiap variabel memiliki nilai yang baik dan hasil verifikatif secara parsial kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Keamanan transaksi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan pengaruh kemudahan penggunaan dan keamanan transaksi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen aplikasi Kredivo. Manfaat dalam penelitian ini berguna untuk meningkatkan kepuasan konsumen melalui faktor kemudahan penggunaan dan keamanan transaksi.</p> 2023-11-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa