Efektivitas Program One GM On SMK Untuk Meningkatkan Produktivitas Kompetensi Profesi Guru Produktif SMK Pariwisata di Jawa Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hadi Sutrisno
A Rohendi

Abstract

Guru bagaikan pengajar handal dituntut untuk senantiasa meningkatkan standar kompetensi guru yang mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi karakter, kompetensi sosial, serta kompetensi profesional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas dan produktivitas kompetensi profesi guru produktif SMK Pariwisata di Jawa Barat sebelum, sesudah  dan sebelum dan sesudahProgram One GM One SMK dilaksanakan. Penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitatif penelitian. Populasi dalam penelitian ini merupakan guru Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Pariwisata di Jawa Barat tahun ajaran 2019 atau 2020 sebesar 17. 527 partisipan guru. Ada pula penelitian ini memakai metode Slovin sebab dalam pencabutan ilustrasi, jumlahnya wajib representativeagar hasil penelitian bisa digeneralisasikan serta perhitungannya juga tidak membutuhkan bagan jumlah sampel, tetapi bisa dicoba dengan metode serta kalkulasi sederhana. Hasil pada penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh sebelum penggunaan program One GM One SMK untuk meningkatkan produktivitas kompetensi profesi guru produktif SMK Pariwisata di Jawa Barat, (2) Terdapat pengaruh sesudah penggunaan program One GM One SMK untuk meningkatkan produktivitas kompetensi profesi guru produktif SMK Pariwisata di Jawa Barat. (3) Terdapat perbedaan hasil pre-test dan post-test penerapan metode penggunaan program One GM One SMK untuk meningkatkan produktivitas kompetensi profesi guru produktif SMK. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa bahwa terjadi peningkatan kompetensi profesi dari guru-guru produktif di SMK Pariwisata di Jawa Barat sebelum dan sesudah program One GM One SMK sehingga sangat efektif dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kompetensi profesi guru produktif SMK.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Jannah, M. (2016).Pengaruh metode Applied Behavior Analysis terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial pada anak autis(Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Kasiram, 2009. Kapita Selekta Pendidikan IAIN Malang : Biro Ilmiyah.
Muderana, I. K., Suryathi, W., & Astuti, N. W. W. (2017). Pengaruh Kompetensi Individu Mahasiswa Dan Kedisiplinan Pembimbing Terhadap Mutu Praktek Kerja Lapangan Pada Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali.Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora,4(3), 206.
Muliawan, Pelayanan Menang. 2010. Riset Aksi Kategori( Classroom Action Research). Yogyakarta: Gava Alat.
Sugiyono. 2010. Tata cara Riset Pembelajaran Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, sertaR&D. Bandung: Alfabeta