Pengaruh Pelatihan, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Biro Psikologi Madina Gempita

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desi Purwaningsih
Purwadhi Purwadhi

Abstract

Sekarang ini dalam teknologi dan peradaban dituntut sumber daya manusia yang kompeten yang memiliki motivasi kerja dan pengalaman kerja yang terampil dalam menjalankan peran dan fungsinya baik untuk individual maupun tujuan organisasi. Salah satu perusahaan yang dituntut untuk memiliki kinerja yang optimal dan terus mengevaluasi hasil kinerja karyawannya adalah perusahaan yang bergerak di bidang biro psikologi, salah satunya Biro Psikologi Madina Gempita dimana para karyawannya harus profesional dalam melaksanakan pekerjaan serta amanah dan bertanggung jawab. Kinerja karyawan merupakan salah satu dimensi yang dapat digunakan untuk mengukur, mengevaluasi kekuatan karyawan dalam bertahan serta melaksanakan tugas dan kewajibannya terhadap organisasi dimana dia bekerja. Setiap karyawan harus mengikuti proses pelatihan yang merupakan bekal bagi karyawan dalam bekerja dengan baik. Pelatihan erat kaitannya juga dengan motivasi kerja, salah satu hal yang mendorong peningkatan kinerja karyawan dalam suatu perusahaan adalah motivasi kerja. Teknik penelitian yang digunakan adalah deskriptif-verifikatif. Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling, dikarenakan populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 responden sehingga semua populasinya dijadikan sebagai sampel yaitu terhitung ada 73 psikotester. Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa tanggapan responden terhadap variabel pelatihan, motivasi kerja dan kinerja karyawan di biro psikologi Madina Gempita termasuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian verifikatif menunjukan adanya pengaruh positif dari variabel pelatihan, dan motivasi kerja terhadap variabel kinerja karyawan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Azizah, Lia Nur. (2018). Pengaruh Keterampilan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Gunung Subur Sejahtera Karanganyar. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dessler, G. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Farisi, Hossen Al. (2016). Motivasi Kerja Karyawan Toko Jam Abas Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam. Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hariandja, M. T. E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan Ke). Jakarta: PT. Grasindo.

Hartanto, Hendriani, S., & Maulida, Y. (2018). Analisis Pengaruh Kondisi Kerja, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jendral Kekayaan Negara Riau Sumatra Barat Dan Kepulauan Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, X(2), 226–241.

Hasibuan, M. S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Bumi Aksa.

Kasim, Dhesty. et al. (2016). Relationships of Work Discipline, Leadership, Training, and Motivation to Performance of Employees Administration Abepura Hospital Papua 2015. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Vol. 26, No. 1, pp 154-164. ISSN: 2307-4531.

Lupitasari, Resti. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset D.I. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Lusri, Lidia. Hotlan Siagian. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan PT. Borwita Citra Prima Surabaya. Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra Agora Vol. 5, No. 1.

Mahardhika, Rangga. Djamhur Hamid. Ika Ruhana. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Survei Karyawan Pada PT. Axa Financial Indonesia Sales Office Malang) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Malang.

Martina, S. (2015). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dusun Bambu Family Leisure Park Bandung. Universitas BSI Bandung. Bandung.

Marunduri, P. P. L. S., & Heryanto. (2019). Analysis of the Effect of Training and Motivation on Organizational Commitments and Its Impact on Employee Performance (Study on Insurance Marketing Agents on Prudential Agency Pru-Aini Gunung Sitoli PT). Archives of Business Research, 7(5), 123-133.

Pratiwi, Desti Indah Eka. (2015). Pengaruh Kompensasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Dppkad Kab. Boyolali). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rachmawati, I. K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.

Rakhmalina, Ika. et al. (2017). Influence of Motivation and Job Training The Performance of Employees PT. RB Sukasada Palembang. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, Vol. 3, No. 2, 2017: 147-153. E-ISSN: 2477-5282.

Rinanda, R. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Di Pusat Pengembangan Dan Kebudayaan Pendidikan Dan Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, Dwi Novita. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SD Negeri 2 Kesumadadi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.

Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi Dan Manjemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.

Subroto, Setyowati. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Vol.12 No.1 2018 / Issn 1978-2586 Eissn 2597-4823.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Yusnita, Nancy. Feriza Fadhil. (2015). Pengaruh Pelatihan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv Cibalung Happy Land Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi. Volume 1 No. 1 Tahun 2015, Hal. 1-5.