Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Melalui Kepercayaan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Riris Roisah
Ria Yuli angliawati
Adit Thia Santika

Abstract

ABSTRAK


Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh ketatnya persaingan dalam dunia usaha consumer goods yang menuntut perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Menciptakan hubungan dan tingkat kepercayaan yang baik terhadap pelanggan menjadi aspek penting untuk perusahaan dalam membentuk loyalitas. Tujuan penelitian ini untuk menginterpretasikan gambaran serta pengaruh Customer Relationship Management (CRM) melalui Kepercayaan Pelanggan dan dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Jico Agung Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan tipe penelitian deskriptif dan verifikatif. Data yang diperoleh berdasarkan tanggapan responden sebanyak 73 orang selaku pelanggan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan gambaran CRM, Kepercayaan Pelanggan dan Loyalitas pelanggan tergolong baik. Kemudian secara parsial, ketiga variabel penelitian memiliki pengaruh yang positif dan bersifat signifikan. Masing-masing variabel yaitu CRM terhadap Kepercayaan Pelanggan, CRM terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Begitupula CRM melalui Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Jico Agung Bandung memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Alfatah, A., & Utama, P. (2018). Analisis Pengembangan Produk Miwon Group Indonesia Untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Ke- 3, 110–134. Retrieved from asosiasipascaptm.or.id/.../13-volume-3-teknologi-hukum-ekonomi-kesehatan

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chandra, K., Ciputra, U., & Town, U. C. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sales Berbasis Website Pada Distributor Kain Hoggy Djaya. Jurnal Sistem Informasi, 1(3), 192–200. Retrieved from https://informatika.uc.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/snapti-2015/(192-200) Kevin Chandra - Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sales Berbasis Website Pada Distributor Kain Hoggy Djaya.pdf

Darwin, S., & Sondang Kunto, Y. (2014). Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia – Surabaya, 2(1), 1. Retrieved from mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/20035.pdf%0A

Giyarni, Maria Magdalena Minarsih, A. T. H. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan On Line Representatif Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Terhadap Motivasi Wajib Pajak Di Wilayah Iv Kota Semarang. Journal of Management Vol.02 No.02 , Maret 2016, 2(Effect Of Human Relationship, Compensation, And Organization Comitment On The Job Satisfaction), 1–13.

Hidayat, R., & Prakoso, B. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management ( CRM ) Berbasis Internet Terhadap Kepuasan Pelanggan Oyisam Clothing Malang. Jurnal Penelitian Manajemen Penerapan (Penataran), 34–42. Retrieved from http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/359

Putu, N., & Dewi, M. (2018). Pengaruh Umur , Pendidikan Dan Jumlah Tanggungan Sektor Informal Di Kota Denpasar Made Ayu Laksmitha Dewi 1 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia PENDAHULUAN Sektor informal merupakan sektor . 1–29.

Riduwan, E. A. K. &. (2014). Analisis Jalur cetakan ke enam. Bandung: Alfabeta.

Rojuaniah. (2014). Pengaruh Faktor Demografi Dan Karakteristik. Forum Ilmiah, 11, 137–148. Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/872/802

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Management, 4(3), 2382–2392. Retrieved from openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka%25files%252Fjurnal_eproc/Fpengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-loyalitas-pelanggan-pada-apotek-telkomedika-di-kota-bandung-tahun-2017.pdf

Victor, C., Jorie, R. J., & Sumarauw, J. S. B. (2015). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas. 3(2), 671–683.

Widyastuti, S. (2016). Membina Keakraban Pelanggan: Retrieved from http://dosen.univpancasila.ac.id/dosenfile/1192211017152489488528April2018.pdf

Yosua, B., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 46(1). Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1781