PENGARUH ADVERTISING DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ECOMMERCE BLAZBLUZ.COM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Berry Firmann
Acep Rohendi

Abstract

Era digital menuntut banyak pelaku bisnis untuk menggunakan jasa internet dalam pengembangan bisnis. Pengembangan dilakukan dari sisi pemasaran dan lain sebagainya, Pelaku bisnis yang tidak mampu mengikuti perkembangan digitalisasi ekonomi terancam keberlangsungan usahanya. Sebagai industry penyedia layanan pemasaran digital, Blazbluz mengadopsi perkembangan teknologi dengan memasarkan layananya melalui platform digital. Kegiatan pemasaran menggunakan facebook adz dievaluasi melalui penelitian ini guna mengetahui seberapa efektif dan besaran pengaruh dari variabel advertising FB ads dan  sales promotion terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap pembeli dan hasil di deskripsikan lalu melakukan uji terhadap hipotesis menggunakan alat bantu Smart-PLS. hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah variabel-variabel yang diteliti berpengaruh secara signifikan, yang artinya advertising dan sales promotion sudah berjalan optimal dan baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Alvarez, B. A., & Casielles, R. V. (2005). Consumer evaluations of sales promotion: The effect on brand choice. European Journal of Marketing, 39, 54–70. https://doi.org/10.1108/03090560510572016
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii, 51. https://apjii.or.id/survei2018s/download/TK5oJYBSyd8iqHA2eCh4FsGELm3ubj.
Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Casteleyn, J., Mottart, A., & Rutten, K. (2009). How to use Facebook in your market research. International Journal of Market Research, 439–447.
Darke, P. R., & Chung, C. M. Y. (2005). Effects of pricing and promotion on consumer perceptions: It depends on how you frame it. Journal of Retailing, 81(1), 35–47.
Fowdar, Ramsaran & Fowdar, S. (2013). The Implications of Facebook Marketing for Organizations. Contemporary Management Research, 9 No 1, 73–84.
Herukusumo, S. P. D. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Tas Wanita oleh Amare Online Shop melalui Media Jejaring Sosial Blackberry Messanger. EJurnal Unisri, 2 No. 26, 51–99.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Global Edition. In Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition,. Pearson Education,Inc.
Munandar, A. S. (2014). Psikologi industri dan organisasi. UI Press.
Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Noviani, R. (2002). “Jalan Tengah Memahami Iklan” dalam Analisis Wacana: Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. Halaman 1. Pakar Raya.
Proboyo, A., & Kusuma, B. I. (2019). The Impact of Product Attributes, Price, Place, Advertising, and Sales Promotion: A Case of Kids Shampoo in Indonesia. Petra International Journal of Business Studies, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.9744/ijbs.2.2.59-70
Riduwan, A. (2007). Rumusdan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.
Ruslan, R. (2018). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. In Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Setiadi, J. N. (2014). Perilaku Konsumen. PT. Prenada Media.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarni, M. (2005). Metodologi Penelitian Bisnis. Andi Offset.
Treadway, Chris & Smith, M. (2010). Facebook Marketing; an Hour a Day. Wiley Publishing, Inc.