PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI (Studi Kasus: Ranca Upas Kabupaten Bandung) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ratna Nengsih
Yosef Abdul Ghani
Ade Mubarok

Abstract

Ranca Upas merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bandung yang identik dengan wisata Penangkaran rusa dan Tempat wisata buat Camping. Word of Mouth dan kualitas pelayanan berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Ranca Upas termasuk minat berkunjung kembali. Oleh karena itu, Word of Mouth dan kualitas pelayanan merupakan aspek yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Perlu diketahui sejauh mana pengaruh Word of Mouth dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali ke destinasi wisata Ranca Upas Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth dan kualitas pelayanan terhadap minat Berkunjung Kembali ke Ranca Upas Ciwidey Kabupaten Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bantuan instrumen penelitian kuesioner berisi 22 pertanyaan yang disebar ke 100 responden. Data yang didapat selanjutnya dianalisis baik secara deskriptif dan statistik. Hasilnya menunjukkan bahwa secara parsial Word of Mouth dan kualitas layanan berpengaruh terhadap minat Berkunjung Kembali ke Ranca Upas Ciwidey Kabupaten Bandung. Begitu pula secara simultan Word of Mouth dan kualitas layanan berpengaruh kepada minat Berkunjung Kembali ke Ranca Upas Kabupaten Bandung.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nengsih, R., Ghani, Y. A., & Mubarok, A. (2023). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI . Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 5(1), 32-38. https://doi.org/10.51977/jsj.v5i1.1222

References

Abubakar, A. M., Ilkan, M., & Al-tal, R. M. (2017). Journal of Hospitality and Tourism
Management eWOM, revisit intention, destination trust and gender. Journal of Hospitality and Tourism Management, 31, 220–227. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2016.12.005
Aji, A. K. (2020). Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Citra Destinasi Serta Electronic
Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Ke Objek Wisata Gunung Bromo. 68–74. BPS. (2019). Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Obyek Wisata Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Barat, 2019.
Bujung, F. E., Rotinsulu, D. C., & Niode, A. O. (2019). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(03), 140–148.
Damayanti, L. S. (2019). Peranan Keterampilan Berbahasa Inggris Dalam Industri Pariwisata. 2, 71–82.
Mulyana, Septira Putri & Febrina, T. (2019). Tanggung jawab biro perjalanan wisata dalam perjanjian perjalanan wisata (studi di pt. tiga bidadari wisata, lombok). 24.
Noer, A., & Fikri, M. (2018). Pariwisata Karang Para, Geopark Ciletuh dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. V (2), 126–138.
Priyanto, R., Syarifuddin, D., & Martina, S. (2018). Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15.
Priyanto, R., Widiartono, & Listyorini, S. (2016). Pengaruh Produk Wisata, Destination Image, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 217–226.
Silalahi, C. (2021). Pengaruh Word Of Mouth (WOM) dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Keputusan Menggunakan Jasa Laundry Sepatu Shoes And Care Pada Pelanggan Shoes And Care Store Medan. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91. Syarifuddin, D. (2016). Nilai Wisata Budaya Seni Pertunjukan Saung Angklung Udjo Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Nilai Wisata Budaya Seni Pertunjukan Saung Angklung Udjo Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 13(2), 53–60. https://doi.org/10.17509/jurel.v13i2.4979
Syarifuddin, D., Suryana, Musafa, Martina, S., & Priyanto, R. (2019). Strategi Penetapan Harga Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan di Villa Kancil Kampoeng Soenda Majalaya. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 225–232.