Strategi Komunikasi Pemasaran Sebagai Usaha Peningkatan Penjualan Produk Bolu Jadul

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dini Rahmawati
Yulia Sariwaty S

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan kegiatan dalam upaya meningkatkan pangsa pasar dan penjualan produk usaha kreatif yang bergerak dalam bidang pembuatan aneka kue dan makanan ringan rumahan. Memperkenalkan produk kepada khalayak merupakan bagian dari strategi komunikasi pemasaran terpadu. Pemanfaatan internet atau media online dan brosur dalam promosi jenis produk, model produk hingga diskon penjualan, seringkali menjadi sarana media pemasaran yang efisien bagi UMKM dengan biaya yang rendah. Bolu Jadul sebagai salah satu UMKM menghasilkan produk aneka kue seperti bolu gulung dan moci gulung dengan berbagai rasa yaitu stroberi, jeruk, coklat, durian dan moka serta makanan ringan seperti kacang nyumput dan rempeyek.  Selama ini, pemasaran produk Bolu Jadul hanya dilakukan terbatas berdasarkan pemesanan dari konsumen perorangan seperti kerabat, rekan-rekan kerja di kantor dan rekan-rekan dari instansi lain yang dikenal oleh pemilik Bolu Jadul. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan secara daring dengan materi pembuatan konten dan desain brosur. Penggunaan dan pemanfaatan internet dalam hal ini media online seperti media sosial, website, blog, email dan media lainnya dapat dimaksimalkan sebagai sarana pemasaran produk Bolu Jadul untuk pengembangan usahanya. Selain itu dilakukan juga penyuluhan dan ceramah ilmiah yang bertujuan agar pemilik Bolu Jadul dapat lebih memahami konsep dan pengaplikasian komunikasi pemasaran dalam kegiatan usaha yang sedang dijalankan. Setelah dua kegiatan tersebut dilakukan, selanjutnya pendampingan seperti konsultasi lanjutan diberikan agar perubahan sikap dalam menjalankan pemasaran dapat menjadi lebih optimal dan dapat dipantau perkembangannya ke depan.


Kata kunci: komunikasi, pemasaran, produk

##plugins.themes.academic_pro.article.details##