Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode <div style="’text-align: justify;">Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) dikelola oleh Fakultas Komunikasi dan Desain Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya (ARS) University dan diterbitkan sejak Februari 2022 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ARS University. Jurnal terbit tiap bulan Februari dan Agustus. JDCODE adalah Media Karya Mahasiswa Komunikasi dan Desain berupa hasil riset dan kajian dengan scope berbagai objek yang dikaji melalui perspektif ilmu komunikasi dan desain. Komunikasi meliputi komunikasi digital, komunikasi antarpribadi, komunikasi keluarga, komunikasi kelompok, komunikasi publik, komunikasi media, komunikasi budaya dan pariwisata, komunikasi politik, komunikasi kesehatan, komunikasi lingkungan, komunikasi dakwah, public relations dan budaya. Desain Komunikasi Visual meliputi kajian seni, budaya, dan desain multimedia.</div> en-US [email protected] (Dinar Dina Karamani) Thu, 29 Feb 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH PERSONAL SELLING MELALUI FITUR LIVE APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1563 <p>Adanya perubahan oleh virus Covid-19 membuat para pedagang harus menyesuaikan kembali strategi jualannya kepada konsumen. Untuk menghadapi situasi ini, Tiktok mengeluarkan fitur baru yaitu Fitur <em>Live</em>, fitur ini merupakan peluang bagi para penjual untuk meningkatkan jualannya, <em>Personal selling</em> merupakan alternatif strategi komunikasi untuk menarik pembeli lewat presentasi pribadi, Penelitian ini menggunakan teori <em>Elaboration likehood model</em>. Elaboration likehood model merupakan teori komunikasi yang melibatkan 2 sudut pandang, yaitu sudut sentral dan periferal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pada Fitur <em>Live</em> dan <em>Personal selling</em>. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif.</p> Malik Hidayatulloh, Nela Widiastuti Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1563 Tue, 27 Feb 2024 07:37:12 +0000 PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TIKTOK SHOP http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1565 <p>Perkembangan teknologi, khususnya internet, telah membawa transformasi signifikan dalam dunia bisnis dan Public Relations. Media sosial, terutama TikTok, menjadi <em>platform </em>yang memainkan peran penting dalam komunikasi online dan pemasaran global. Penelitian ini mengeksplorasi peran Public Relations dalam meningkatkan brand awareness TikTok <em>Shop</em>, bagian integral dari ekosistem TikTok. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk memahami strategi komunikasi, kolaborasi dengan pengguna dan influencer, serta pemanfaatan fitur unik TikTok. Hasilnya menunjukkan bahwa PUBLIC RELATIONS memiliki peran sentral dalam membentuk citra positif, memperkenalkan produk, dan meningkatkan daya tarik TikTok <em>Shop</em> di media sosial TikTok.</p> Euis Clodhia Rahmana, Dasrun Hidayat Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1565 Tue, 27 Feb 2024 07:43:15 +0000 POLA KOMUNIKASI DPD LVRI PROVINSI SULAWESI TENGGARA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI ORGANISASI http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1566 <p>Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pola komunikasi yang dilaksanakan oleh DPD Legiun Veteran Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara dalam mempertahankan eksistensi organisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian telah dilalsanakan dari Bulan Desember 2023 – Januari 2024. Hasil penelitian menemukan bahwa beberapa pola komunikasi organisasi yang dilakukan dalam DPD LVRI Provinsi Sulawesi Tenggara adalah pola komunikasi roda dan pola komunikasi saluran bebas. Adapun beberapa hambatan yang biasanya terjadi dalam komunikasi organisasi DPDLVRI Provinsi Sulawesi Tenggara adalah hambatan semantic, hambatan manusiawi berupa keterbatasan fisik serta hambatan teknis berupa media komunikasi yang digunakan oleh para veteran tidak seluruhnya mampu menjadi alat komunikasi efektif dalam mendapat informasi dan atau berita dari Pengurus Daerah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Sulawesi Tenggara.</p> Maudhy Satyadharma, Dinar Dina Karamani, Nila Nurlimah Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1566 Tue, 27 Feb 2024 07:54:48 +0000 HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN INTERAKSI SOSIAL KALANGAN REMAJA DI SMK SETIA BHAKTI BANDUNG http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1584 <p>Penelitian dilatar belakangi karena penggunaan gadget terlebih smartphone yang semakin marak dikalangan para remaja. Terlebih karna adanya virus Corona yang mengharuskan mereka untuk belajar di rumah menggunakan gadget. Demam gadget juga semakin melanda masyarakat di Indonesia, dari mulai anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Oleh karena itu sedikit banyaknya akan mempengaruhi interaksi sosial dan komunikasi mereka. Selalu akan berdampingan hal positif dan negatif, sama halnya ketika Allah menciptakan surga &amp; neraka. Begitupun dengan bantuan smartphone yang akan mempermudah penggunanya untuk mencari tau hal yang baru, belanja online, transportasi online, bahkan beribadah pun bisa lebih mudah dengan bantuan smartphone atau gadget. Tapi tidak sedikit pula para pelajar yang melalaikan tanggung jawabnya karna terlalu asik bermain gadget yang mengakibatkan tugas terbengkalai, mengantuk ketika di di dalam kelas dan berkurangnya interaksi social &amp; komunikasi. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan studi fenomenologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.</p> Ajeng Siti Nurhaliza, Nila Nurlimah, Dinar Dina Karamani Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1584 Thu, 29 Feb 2024 00:00:00 +0000 PERILAKU KOMUNIKASI SUPPORTER VIKING PERSIB CLUB DALAM MEMBERIKAN DUKUNGAN KEPADA PERSIB BANDUNG http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1568 <p>Persib Bandung (Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung) adalah sebuah tim sepakbola Indonesia terbesar yang berdiri pada 14 Maret 1933, klub ini berbasis di Bandung adalah Maung Bandung dan Pangeran Biru sejak tahun 1933. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana perilaku komunikasi Viking Persib Club dalam mendukung Persib Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitaf dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah awal mula strategi komunikasi Viking Persib Club dalam mendukung Persib Bandung adalah ketika di Bandung tidak ada kelompok pendukung yang terbentuk secara konsisten dan memiliki ciri khas tertentu yang unik dan kreatif. Sebagian pendukung bahkan hanya sebatas individu-individu. Pemilihan media komunikasi dalam mendukung Persib Bandung dapat dikategorikan dalam dua hal, yakni media komunikasi langsung dan media komunikasi tidak langsung. Pesan komunikasi dari Viking Persib Club kepada Persib Bandung adalah dukungan permainan untuk support mental pemain dan himbauan ajakan untuk tidak rasis.</p> Reza Rizkina Taufik, Firmansyah Firmansyah Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1568 Thu, 29 Feb 2024 00:00:00 +0000 PERAN PEMIMPIN DALAM MENGELOLA BISNIS BERBASIS MEDIA DIGITAL TIKTOK http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1561 <p>Era saat ini, media digital membuat penggunanya dapat mempermudah segala urusan terutama dalam usaha hingga bisnis. Dalam bisnis berbasis media digital, tentu ada sosok pemimpin dalam bisnis yang sukses melalui media digital tersebut. Hal ini juga terjadi pada bisnis “Unique.” Bisnis ini memanfaatkan media digital TikTok sebagai media penjualan produk dengan akun “@unique_”. TikTok menjadi pilihan media yang sangat menguntungkan bagi bisnis tersebut, terutama bagi pemimpinnya atau owner-nya. Pemimpin memilih media digital TikTok dalam pemasaran produk karena pentingnya pemahaman dari pengembangan bisnis melalui media digital yang sangat banyak digunakan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemimpin dalam membangun dan mengelola sebuah bisnis dengan memanfaatkan media digital TikTok dan aktif menggunakan TikTok live streaming untuk mengembangkan bisnisnya. Penelitian menggunakan studi kasus kualitatif.</p> <p>Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi pada bisnis “Unique.” Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital TikTok sangat menguntungkan bagi bisnis “Unique” dengan pemanfaatan <em>host live streaming</em>. Selain itu, pemanfaatan media digital yang sukses bisa didapatkan melalui kinerja dan komunikasi yang baik antara pemimpin dan pegawai pada bisnis tersebut.</p> Agus Nurdian Alfurtoni, Dasrun Hidayat Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1561 Thu, 29 Feb 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS POLA KOMUNIKASI KELUARGA FILM ANIMASI TURNING RED DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1585 <p style="text-align: justify;">tar belakang dari penelitian ini karena beberapa bulan terakhir banyak film animasi yang baru rilis, salah satunya film animasi yang berjudul Turning Red. Film ini menceritakan tentang Meilin Lee seorang gadis remaja berprestasi tinggi, ia memiliki tiga teman dekat yang selalu ada untuknya yaitu Miriam, Priya, dan Abby. Mereka berempat menyukai grup vokal laki-laki bernama 4*Town. Karena menjadi anak satu-satunya, ibu Meilin sangat protektif pada anaknya tersebut, sehingga Meilin sendiri merasa tidak bebas dalam berekspresi. Mendekati usia puber dan mendapatkan banyak batasan dari ibunya membuat Meilin sering kali bertengkar dengannya, dan membuatnya tidak dapat mengendalikan emosinya. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan dokumentasi terhadap film Turning Red. Subjek penelitian ini adalah film Turning Red itu sendiri, dengan merujuk pada scene-scene yang menggambarkan hubungan komunikasi antara Meilin dan orang tuanya. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika menurut Roland Barthes, dimana terdapat penanda dan petanda dalam level denotasi, konotasi pada setiap scene dan menghasilkan mitos yang menggambarkan pola komunikasi keluarga. Hasil penelitian menunjukkan ola komunikasi keluarga yang terjadi ialah orang tua otoriter, dimana ibu Meilin ini menganggap bahwa Meilin harus berada di tempat yang telah ditentukan dan tidak boleh menyuarakan pendapatnya.</p> Titi Rizky Fitria, Maya Retnasary, Reza Rizkina Taufik Copyright (c) 2024 Journal of Digital Communication and Design (JDCODE) http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdcode/article/view/1585 Thu, 29 Feb 2024 00:00:00 +0000