IMPACT PENYEBARAN INFORMASI PADA PODCAST FRONTLINE BOYS PODCAST BAGI AUDIENS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abdul Rachman

Abstract

Sebagai salah satu cara dalam memenuhi kebutuhan informasi adalah dengan mencari informasi di internet. Namun tingkat literasi orang Indonesia yang rendah, seakan enggan untuk mencari berita dan membaca suatu berita. Tapi seiring dengan berkembangnya teknologi, memunculkan suatu media baru bernama podcast. Karenanya podcast bisa dimanfaatkan untuk menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana impact yang diterima oleh audiens setelah mendengarkan podcast. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara serta analisis data dengan menggunakan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa audiens merasakan bahwa adanya impact yang didapat setelah mendengarkan podcast Frontline Boys, yaitu penambahan informasi (kognitif), perubahan sikap (afektif), dan perubahan tindakan (konatif).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Adzani, Diah Melati., J. (2020). Pemanfaatsn Podcast dan Instagram Oleh Komunitas Literatif sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/94374797
Burhan, B. (2003). Teknik Analisis Data Metode Penelitian Kualitatif
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017) Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90-140. doi:
Fahma, A. H., & Nurhalimah. (2018). Analisis Model Komunikasi Harold Dwight Laswell Terhadap Novel Asma Nadia Cinta 2 Kodi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9),1689-1699
Geoghegan, Michael W., Klass, Dan. (2007). Podcast Solutions: The Complete Guide to Audio and Video Podcasting. USA: Friendsof.
Indrawan, J., Efriza, & Ilmar, A. (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Medium, 8(1), 1-17. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4820
Lavircana, Rinda. (2020). Penggunaan Podcast Sebagai Media Hiburan dan Informasi di Banjarmasin eprints,uniska-bjm.ac.id/3500/1/Artikel(Rinda Lavircana).pdf
Liyanty, Luh Apphucha Pandu. (2020). Efektivitas Podcast Sebagai Media Baru Dalam Penyebaran Informasi Edukasi Brand Local https://eprints.umm.ac.id/68566/
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba humanika.
Meilinda, Nurly. (2018). Social Media On Campus https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/article/view/2591/1972
Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Norhayati., Sherly Jayanti. (2020).Pemanfaatan Teknologi untuk Mendukung Kegiatan Belajar Secara Mandiri. https://jht.politica.ac.id/index.php/jht/article/view/73/66
Ramadhany, Iskandar Dinata. (20z20). Peran Podcast Sebagai Media Penyebaran Media Penyiaran Modern Berbasis Audio eprints.uniska-bjm.ac.id/3557/1/ARTIKEL RAMA.pdf
Rusdi, Farid. (2012). Podcast Sebagai Industri Kreatif. seminar.bsi.ac.id/snit/index.php/snit-2012/article/view/319