PENINGKATAN PENJUALAN FASHION THRIFTING PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK LIVE STREAMING DIMASA PANDEMI COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Reka Apriliana
Diny Fitriawati

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang telah dipergunakan para penjual fashon thrifting di media sosial facebook live streaming  dimasa pandemi covid-19 juga mengetahui faktor yang mempengaruhi peningkatan penualan fashion thrift. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan metode fenomenologi, Teori pada penelitian ini juga menggunakan teori komunikasi persuasif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Data dilakukan pemerikasaan keabsahannya lalu dilakukannya penyajian dan analisis data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa  dalam peningkatan penjualan fashion thrift banyaknya dari para penjual melakukan strategi komunikasi dengan cara mendeskripsikan kondisi pada produk fashion secara jujur pada saat menjual juga menempatkan diri sebagai teman dengan para pembeli agar merasa nyaman saat berinteraksi Dn memungkinkan pembeli akan membeli lagi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Badan Pusat Statisika. (2020). infografis angka penganguran.
Fauzan, jatnika abror. (2015). kelebihan facebook sebagai media komunikasi jual beli online. March.
Hadjar, chanissa nur malika. (2020). Thrifting : evolusi barang loak sebagai pop culture. https://www.uc.ac.id/fikom/thrifting-evolusi-barang-loak-sebagai-pop-culture/
Hendariningrum, R., & Susilo, E. M. (2008). Fashion dan Gaya Hidup: Identitas dan Komunikasi. Ilmu Komunikasi, 6(2), 25–32. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/38/42
Kiki, farika geatalva. (2020). Tren Thrifting Dikalangan Milenial. http://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/index.php/2020/12/13/tren-thrifting-di-kalangan-milenial-simak-tips-berikut/
Ponorogo, U. muhammadiyah. (2013). Unsur-unsur komunikasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Punia, I. N. (2012). PRODUKSI RISIKO INDUSTRI FAST FASHION DALAM.
S.hadi. (2019). Kesetaraan dan Harmoni Sosial dalam Masyarakat Multikultural bagi siswa Madrasah Aliyah (MA) Al Amin. 53(9), 1689–1699.