http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/issue/feed Jurnal Kajian Pariwisata 2024-04-22T02:14:46+00:00 Rahmat Priyanto [email protected] Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Kajian Pariwisata</strong> menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada bidang pariwisata dan perhotelan meliputi <em>management destination object</em> , Pemasaran Pariwisata, Budaya, Makanan. Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online&nbsp;atau versi cetak sebelumnya.<br><strong>Jurnal Kajian Pariwisata</strong> memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan April dan September setiap tahunnya.</p> <p><strong>SK E-ISSN No <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1567560375">&nbsp;0005.26862522/JI.3.1/SK.ISSN/2019.09</a></strong></p> <p><strong>Prefix DOI: https://doi.org/10.51977/JIIP</strong></p> <p>Terindeks: <strong>SINTA 5,</strong> <strong>Google Scholar, PKP Index dan Indonesia Onesearch </strong></p> <p>E-ISSN: 2686-2522&nbsp;(Online&nbsp;-&nbsp;Elektronik)</p> http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/1093 Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Grooming Pemandu Wisata di Objek Istano Basa Pagaruyuang 2024-03-20T04:29:32+00:00 Siska Mandalia [email protected] Yuke Zonata [email protected] Wiranda Wulandari [email protected] <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The main problem in this study is whether the service quality and grooming of tour guides influence tourist satisfaction at the Istano Basa Pagaruyuang Tourism Object. This study aimed to determine the effect of service quality and grooming of tour guides at the Istano Basa Pagaruyuang tourist attraction.</em></p> <p><em>The method used in this research is a quantitative research method. The data collection technique was carried out by filling out a questionnaire. The number of respondents is 100 people. The data analysis technique used is a validation test, reliability test, normality test, multiple linear regression analysis, partial t-test, simultaneous f test, and test of the coefficient of determination.&nbsp;</em></p> <p><em>The study results show that the service quality variable partially influences tourist satisfaction. However, the tour guide Grooming variable does not control tourist satisfaction variables. From the results of the f test, it is obtained that the variables of service quality and grooming simultaneously affect tourist satisfaction.</em></p> 2024-03-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kajian Pariwisata http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/1421 Pengunjung “Semu” sebagai dampak dari Promosi Digital dan Implikasinya terhadap Minat Berkunjung Kembali 2024-03-20T04:22:54+00:00 Yosef Abdul Ghani [email protected] Faizal Hamzah [email protected] Desyca Bestari Maulisti [email protected] Sharon Rosie Shalomitha [email protected] <table width="530"> <tbody> <tr> <td width="369"> <p>Pemasaran destinasi melalui media digital semakin banyak digunakan oleh destinasi-destinasi wisata di Indonesia, bahkan terbentuk pendapat bahwa “tempat wisata viral adalah suatu keberhasilan” namun temuan di lapangan tidak sedikit pengunjung yang datang ke destinasi bukan dikarenakan ia butuh untuk menikmati aktifitas berwisata, namun justru dikarenakan rasa keinginan untuk menjadi ikut dari ke-viralan destinasi tersebut, dan setelah masa viral di media sosial hilang, maka jumlah pengunjung ke destinasi pun turun dengan sendirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri gejala pengunjung semu dan menangkap hakikat realita gejala tersebut serta memberi kontribusi keilmuan terkait fenomena Pengunjung semu dan memberikan alternatif kebijakan pengembangan desa wisata dengan memperhatikan kecenderungan “pengunjung semu” ini. Hasil penelitian ditemukan bahwa promosi digital memang menjelaskan 53% Perilaku pengunjung semu, namun hal yang dihipotesiskan di awal bahwa pengunjung semu dimungkinkan berpengaruh negatif ditolak. Hasil menunjukan bahwa pengunjung semu tetap signifikan membentuk minat berkunjung kembali ke desa wisata khususnya para remaja usia 12-25 tahun.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-03-20T04:19:27+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kajian Pariwisata http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/1370 Pengaruh Kepemimpinan dan Manajemen Kelembagaan Pada Sektor Pariwisata 2024-04-22T02:14:46+00:00 Wahyuni [email protected] Alfiandi Imam Mawardi [email protected] A. Muammar Alawi [email protected] Praja Firdaus Nuryananda [email protected] <p>Artikel ini merupakan rangkuman dari penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Gubugklakah, Kab. Malang, untuk mengkaji pengelolaan pariwisata melalui lembaga desa. BUMDes Amanah merupakan lembaga desa yang bergerak di bidang usaha masyarakat dan idealnya menjadi penggerak bisnis sektor pariwisata di Gubugklakah. Namun, karena ada ketimpangan kapasitas sumber daya manusia, terutama untuk aspek kepemimpinan, kepercayaan dan legitimasi masyarakat akhirnya justru diserahkan kepada Ladesta Gubugklakah yang berdiri dan tumbuh dari aspirasi dan partisipasi masyarakat lokal pula. Dengan teknik menggunakan pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi literatur, dan metode analisis data kualitatif, tim peneliti menemukan bahwa selain aset alam, Desa Gubugklakah memiliki aset manusia yang unggul dan perlu diberikan manajemen kelembagaan yang baik. Sehingga adanya ketimpangan kapasitas sumber daya manusia akan bisa diatasi oleh manajemen kelembagaan desa yang baik.</p> 2024-04-22T02:13:35+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Kajian Pariwisata