Bakso Ubi Ungu Sebagai Alternatif Bakso Kaya Gizi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Swastono Putro Pirastyo
Gilang Patria Rondonuwu

Abstract

Bakso merupakan salah satu olahan pangan favorit di Indonesia. Berbagai inovasi dan variasi olahan bakso pun banyak ditemukan di pasaran. Kreasi bakso keju, bakso krikil, bakso rawit adalah sebagian kecil contoh hasil kreasi olahan bakso. Dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk dapat menghadirkan inovasi pengolahan lain dari bakso yaitu Bakso Ubi Ungu. Penelitian ini dirancang sebagai sebuah eksperimen inovasi produk. Hasil percobaan diujikan kepada panelis, baik panelis terlath maupun tidak terlatih. Instrumen yang digunakan untuk dapat mengukur keberhasilan penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir yang didapat adalah Bakso Ubi Ungu memiliki citrasa yang cukup unik, hasil dari perpaduan rasa antara daging dan ubi ungu, dan juga memiliki tekstur kenyal yang cukup baik. Percobaan lannjutan masih sangat dibutuhkan untuk dapat menyempurnakan kombinasi, resep maupun metode pengolahan Bakso Ubi Ungu ini agar menghasilkan kreasi Bakso Ubi Ungu yang sempurna.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putro Pirastyo, S., & Patria Rondonuwu, G. (2019). Bakso Ubi Ungu Sebagai Alternatif Bakso Kaya Gizi. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.51977/jiip.v1i1.86

References

Badan Standarisasi Nasional. Standar Nasional Indonesia : Bakso Daging. , (2014).
Edward, J. (2016). Bakso Sehat Tahan Simpan & Tanpa Pengwet (1st ed.; R. Afifah, ed.). Jakarta Selatan: PT AgroMedia Pustaka.
Hidayat, D. (2012). Kemasan Bakso Cinta Sebagai Kegiatan Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 209–221. Retrieved from http://jurnalilkom.uinsby.ac.id/index.php/jurnalilkom/article/view/29/23
Murtiningsih, & Suyanti. (2011). Membuat Tepung Umbi dan Variasi Olahannya (1st ed.; Nina, ed.). Jakarta Selatan: PT AgroMedia Pustaka.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian (5th ed.; R. Agustine & R. F. Sikumbank, eds.). Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Suprapti, L. (2011). Membuat: Bakso Daging & Bakso Ikan (7th ed.). Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Utama, I. G. B. R., & Mahadewi, N. M. E. (2012). Metodologi Penelitian Pariwisaata & Perhotelan (1st ed.; P. Christian, ed.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Wardiyanta. (2006). Metode Penelitian Pariwisata (1st ed.; D. Hardjono, ed.). Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Widyaningsih, T. D., & Murtini, E. S. (2006). Alternatif Pegganti Formalin Pada Produk Pangan (1st ed.). Surabaya: Trubus Agrisarana.