Strategi Promosi Melalui Public Relations Kebudayaan Mapag Menak

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ani Solihat
Lukmanul Hakim
Rani Rahmayani
Andry Trijumansyah

Abstract

Kebudayaan Mapag Menak merupakan sebuah upacara tradisi turun temurun untuk menyambut tamu yang dilakukan oleh seluruh warga desa dengan sukarela dengan melakukan arak-arakan, pencak silat dan menyajikan makanan. Arak - arakan yang khas adalah dodombaan dan para tamu akan diarak di atas boneka domba, selanjutnya jamuan makanan untuk para tamu disajikan dengan 31 jenis kuliner tradisional. Kebudayaan Mapag Menak sampai saat ini telah dikelola oleh Padepokan Seni Kebudayaan Saung Langit Pancanitis yang berlokasi di Desa Nagrak, Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahui Kebudayaan Mapag Menak hal ini menunjukan kebudayaan tersebut masih belum tersebar luas merata pada seluruh tatar Sunda apalagi secara nasional sehingga dibutuhkan sebuah strategi promosi melalui public relation, yang diupayakan sebagai langkah memperkenalkan dan mensosialisasikan, Kebudayaan Mapag Menak Desa Nagrak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dengan hasil penelitian Padepokan Seni Kebudayaan Saung Langit Pancanitis  masih belum menggunakan public relations untuk mempromosikan dan memperkenalkan Kebudayaan Mapag Menak dan jika public relations dimanfaatkan sebagai media untuk memperkenalkan, mempromosikan, mensosialisasikan Kebudayaan Mapag Menak sehingga diharapkan seluruh masyarakat Sunda dan seluruh masyarakat Indonesia dapat mengetahui Kebudayaan Mapag Menak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Solihat, A., Hakim, L., Rahmayani, R., & Trijumansyah, A. (2021). Strategi Promosi Melalui Public Relations Kebudayaan Mapag Menak . Jurnal Kajian Pariwisata, 3(1), 13-18. https://doi.org/10.51977/jiip.v3i1.526

References

Freddy Rangkuti,. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Kompas TV, Mapag Menak, Kekayaan Tradisi Sunda. Rabu, 2 Mei 2018 | 15:57WIB https://www.kompas.tv/

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. (2018). Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Kabupaten Bandung.
Pln, L. N., Anggraeni, N., Siswoyo, M., & Nurfalah, F. (2014). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENDUKUNG PEMASARAN PEMBANGKIT. ASPIKOM, 2(3), 206–220.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80.
Solihat, A., Hakim, L., & Setiawati, S. D. (2016). Strategi produk cilok sebagai makanan khas kota bandung. Jurnal Ecodemica Strategi Produk Cilok Sebagai Makanan Khas Kota Bandung, IV(2), 242–249.
Sumampouw, C. F. (2016). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN SWISS-BEL HOTEL MALEOSAN MANADO. Acta Diuma, V(1).