Strategi Pengembangan Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Menuju Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ozi Setiawan
Yulita Suryantari

Abstract





Penelitian ini mengevaluasi pengembangan pariwisata berkelanjutan di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk dengan meninjau aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi langsung dan wawancara mendalam, penelitian menemukan bahwa aspek lingkungan dan konservasi telah dikelola dengan baik, namun pada dimensi ekonomi dan sosial budaya masih belum optimal. Dari segi ekonomi, peningkatan pengelolaan sumber daya dan fasilitas diperlukan untuk menarik lebih banyak wisatawan. Sementara itu, pada aspek sosial budaya, keterlibatan masyarakat lokal perlu diperkuat untuk memperkaya pengalaman wisata. Strategi promosi media sosial dengan pembuatan konten menarik dan penguatan citra destinasi diidentifikasi sebagai solusi potensial untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Temuan ini menekankan pentingnya perbaikan kualitas fasilitas dan strategi pemasaran, dengan tetap mempertahankan pelestarian lingkungan, guna meningkatkan citra destinasi dan minat kunjungan wisatawan, yang merupakan fokus dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan.





##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setiawan, O., & Suryantari, Y. (2024). Strategi Pengembangan Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Menuju Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan . Jurnal Kajian Pariwisata, 6(2), 166-174. https://doi.org/10.51977/jiip.v6i2.1866

References

Adinugroho, G., & Sofiani. (2023). ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN DESTINASI WISATA TAMAN WISATA ALAM MANGROVE ANGKE KAPUK SEBAGAI DESTINASI EKOWISATA DI KOTA JAKARTA UTARA GUNA MENINGKATKAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1808.

Andyana, I. (2020). Dampak Green Tourism Bagi Pariwisata Berkelanjutan Pada Era Revolusi Industri 4.0. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(3), 1584.

Arbain, M., & Chairiyah, N. (2020). STRATEGI PENINGKATAN PERAN MASYARAKAT DALAM MELESTARIKAN EKOWISATA MANGROVE DAN BEKANTAN DI KELURAHAN KARANG REJO TARAKAN BARAT. J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian, 3(1), 1.

Dewi, K., Heryadi Angligan, I., & Oka Mahardika, I. (2023). STRATEGI MENINGKATKAN PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBRANDING DESTINASI WISATA SEBAGAI MEDIA PEMASARAN. WAISYA : JURNAL EKONOMI, 2(1), 1.

Diana, P., Suwena, I. K., & Wijaya , N. (2017). PERAN DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DALAM MENDUKUNG PARIWISATA DI DESA MAS DAN DESA PELIATAN, UBUD. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 84.

Hermawan, H., & Brahmanto, E. (2018). GEOWISATA : PERENCANAAN PARIWISATA BERBASIS KONSERVASI. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Junaid, I. (2016). ANALISIS DATA KUALITATIF DALAM PENELITIAN PARIWISATA. Jurnal Kepariwisataan, 10(01), 62.

Musadad, Nurlena, & Saeroji, A. (2020). PENGGUNAAN ISTILAH ‘WISATA ALAM’ DAN ‘EKOWISATA’ DI INDONESIA : SEBUAH TELAAH SINGKAT. Journal of Tourism Destination and Attraction, 8(2), 149.

Musaddad, A. A., Rahayu, O. Y., Pratama, E., Supraptiningsih, & Wahyuni, E. (2019). PEMBANGUNAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI INDONESIA. Dinamika Administrasi : Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen, 2, 74.

Setiawan, O., & Riyani, S. C. (2024). Strategi Pengembangan Terhadap Pelayanan Di Desa Wisata Keranggan Terkait Kepuasan Pengunjung. JTSTI Journal of Tourism Sciences, Techonology and Industry , 3(1), 62.

Setijawan, A. (2018). Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Jurnal Planoearth PWK FT UMMat, 3(1), 9.

Simamora, R. K., & Sinaga, R. S. (2016). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pariwisata Alam dan Budaya di Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 4(1), 80.

Sulistyadi, Y., Eddyono, F., & Entas, D. (2021). INDIKATOR PERENCANAAN PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.

Suryantari, Y., Ngarbingan, H. K., & Akbara, A. Z. (2022). Tebet Eco Park’s potential as a new green open space in South Jakarta, Indonesia : an analysis. Journal of Tourism and Economic, 5(2), 109-110.

Trisia, P. A., & Nugraha, R. N. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN WISATA ALAM ANGKE KAPUK DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6471.