Emphatizing Desain Kemasan Gastronomi Lemang Kabupaten Lahat untuk Menarik Minat Konsumen

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Melati Pratama
Arief Marna Sonjaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung keinginan dari produsen, konsumen dan perangkat desa terhadap pengembangan kemasan pada Lemang (Emphatizing) baik primer, sekunder dan tersier. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap perangkat desa, 10 penjual Lemang dan 15 pembeli Lemang. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemasan primer Lemang menggunakan bambu Lemang, kemasan sekunder dan tersier menggunakan kertas koran dan kantong plastic. Hasil wawancara menunjukkan bahwa tidak perlu dilakukan pengembangan terhadap kemasan primer Lemang, sedangkan untuk kemasan sekunder dan tersier perlu dilakukan desain. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya yang dapat membuat Lemang menjadi menarik adalah dengan mendesain kemasan sekunder dan tersier dengan Gastronomi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratama, M., & Sonjaya, A. M. (2023). Emphatizing Desain Kemasan Gastronomi Lemang Kabupaten Lahat untuk Menarik Minat Konsumen. Jurnal Kajian Pariwisata, 5(2). https://doi.org/10.51977/jiip.v5i2.1076

References

Adela, G., Hadiprawiro, Y., & Prastiwinarti, W. (2022). Perancangan Ulang Label Kemasan & Joe. Prosiding Seminar Nasional Tetamekraf, 519-527.
Aji, F. P., & Anggapuspa , M. L. (2022). Redesain Kemasan Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim Khas Jombang. Jurnal Barik, 131-145.
Andrade, C. (2021). The Inconvenient Truth About Convenience and . Learning curve, 86-88.
Ayu, I. K., & Desintha, S. (2019). Perancangan Desain Kemasan Gula Cikeris Sebagai Kuliner Khas Purwakarta. e-prosiding of art & design (pp. 965-976). Bandung: Perpustakaan Universitas Telkom.
Azhar, P. N., & Widyastuti. (2014). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli Produk Fresh Care Melalui Brand Image . Jurnal Ilmu Management, 1197-1207.
Christy, J. J. (2022). Perancangan Ensiklopedia Augmented Reality Hiu dan Pari yang Dilindungi. Kartala Visual Studies , 1-13.
Ermawati, E. (2019). Pendampingan Peran dan Fungsi Kemasan Produk Dalam Dunia Pemasaran Desa Yosowilangun Lor. Jurnal Empowerment Society, 15-22.
Maharani, S. D., Aryanto, H., & Arini M, B. D. (2020). Perancangan Kemasan Makanan Pie Lumpur “Pesona Bakery" Sebagai oleh-oleh khas Sidoarjo. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1-9.
Naufalina, F. E. (2020). Peranan Utama Pada Anyaman Bambu Sebagai kemasan telur asin brebes. Jurnal ATRAT, 195 - 202.
Pratiwi, I., Bangun, D., & Turgarini, D. (2021). Teknologi Digital untuk Wisata Gastronomi. Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata BARISTA , 37-45.
Sagita, R. A., & Siswahyudianto. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Brand Awareness pada Sentra Olahan Salak Kunara Desa Kedungrejo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 327-340.
Sonjaya, A. M., Pratama, M., & Rahmania, T. (2021). Gastronomi Traditional Culinary "Lemang" on Tanjung Sirih - Lahat District. Palembang Tourism Forum (pp. 100-106). Palembang: Atlantis Press.
Srihidayati, G. (2023). Perancangan Logo dan Desain Kemasan Keripik Pisang Tanduk Arjuna di Kota Palopo. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 74-82.
Syarifuddin, D. (2018). Pasar Tradisional Dalam Perspektif Nilai Daya Tarik Wisata. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 19-32.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Triyadi, A. (2021). Desain Kemasan Bolu Susu Lembang Sebagai Upaya Meningkatkan Promosi Kuliner Bandung. Wacadesain, 16-25.
Winarno, F., & Winarno, S. A. (2017). Gastronomi Kuliner. Jakarta: Gramedia.
Winoto, W. T., Natadjaja, L., & Febriani, R. (2020). Perancangan Desain Kemasan dan Brand Bagiak Sherly Oleh-oleh Khas Banyuwangi. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1-9.
Wulandari, N. G., & Patria, A. (2016). Perancangan Desain Kemasan Sekunder Andik Bakery Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 278-283.